Articles

Menciptakan Wawancara Yang Efekif

Apabila kita mampu mengesankan pewawancara, tentu bukan hal yang sulit untuk lolos maju melewati tahapan demi tahapan dalam situasi seleksi karyawan. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan sehingga wawancara dapat berjalan dengan efektif:


1. Datang Tepat Waktu
Ketepatan waktu adalah hal yang penting. Jika anda datang lebih awal, anda memiliki kesempatan untuk mengecek kerapihan diri serta dapat mengamati lingkungan kerja tempat anda diinterview, sehingga memiliki sedikit gambaran mengenai suasana kerja di tempat tersebut. Datang terlambat justru dapat mempengaruhi penilaian pewawancara terhadap anda.


2. Perhatikan Penampilan Anda
Kesan pertama pewawancara mengenai penampilam anda dpat mempengaruhi hasil wawancara. Jika anda tampil professional, mengenakan busana yang rapi, dan menunjukkan sikap yang mengesankan, dapat dipastikan anda akan menarik perhatian pewawancara untuk mengenal diri beserta kemampuan yang anda miliki lebih lanjut.


3. Tunjukkan Minat & Semangat Bekerja
Minat terhadap bidang kerja serta semangat kerja seringkali tercermin dalam ekspresi wajah. Pewawancara dapat menangkap dan menarik kesimpulan mengenai minat dan semangat kerja melalui ekspresi wajah dan kata-kata yang anda ucapkan. Jika anda menjawab pertanyaan dengan wajah dan nada suara yang datar, lesu, tegang, atau kurang pedulian, maka pewawancara tidak akan dapat menangkap semangat kerja dan minat yang anda miliki untuk bergabung dengan perusahaan.


4. Berlatih untuk Menjawab Langsung ke Inti Pertanyaan
Usahakan untuk tetap fokus mendengarkan pertanyaan dengan baik dan menjawab langsung ke inti permasalahan yang ditanyakan. Usahakan untuk tidak mengeluarkan jawaban yang berputar-putar, karena selain dapat menjemukan bagi pewawancara, anda juga bisa saja menjadi lupa dengan pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.


5. Buat Daftar Kelebihan Anda
Salah satu hal penting yang cukup sering ditanyakan saat wawancara berlangsung adalah mengenai kelebihan anda. Oleh karena itu ada baiknya anda mencari tahu tentang kelebihan dan kekuatan diri, serta keterampilan lain yang dapat menunjang anda sehingga menjadi maksimal ketika menjabat di posisi kerja yang anda lamar.


6. Ubah Kelemahan Menjadi Kekuatan
Apa yang sebaiknya anda jawab ketika pewawancara meminta anda untuk menyebutkan kelemahan yang dimiliki? Sebaiknya anda menjawab dengan cerdik. Anda dapat menjawab kelemahan disertai dengan usaha yang akan anda lakukan untuk memperbaiki hal tersebut.


7. Miliki Rasa Percaya Diri
Setiap pewawancara dapat merasakan setiap keragu-raguan melalui cara anda menjawab pertanyaan wawancara. Maka, tampilkan rasa percaya diri melalui setiap jawaban dan ekspresi anda. Tunjukkan hal-hal yang dapat meyakinkan pewawancara bahwa anda mampu dan sesuai untuk menjabat posisi yang anda lamar.

Oleh: (Made Hinda Arnita, M.Psi, Binus Career Consultant, BINUS University).

Uploaded By : Sudiana
Last Update : 28/04/2010

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4387
  • Available Position : 40400
  • Total Jobseekers : 474513
  • Total Employer : 11668