Articles

Tips Better Public Speaking


Memiliki kemampuan Public Speaking yang baik dapat meningkatkan karir dan menciptakan kesempatan baik lainya bagi diri kita. karena masih banyak yang merasa cemas saat diminta untuk berbicara didepan umum. Contoh paling sederhana adalah melakukan presentasi di depan audiens atau ketika harus berbicara didepan audiens saat menerima sebuah penghargaan. Selain harus memahami materi yang hendak disampaikan, kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting untuk tampil dalam public speaking. Nah, kemampuan untuk dapat bisa bagus dalam public speaking dapat dilatih berikut strategi yang dapat kamu lakukan.

Plan Appropriately

Yang paling pertama adalah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Menyampaikan maksud dengan tepat, caranya adalah dengan membuat rancangan kata kata apa yang ingin kamu katakan kepada audiens.

Practice

Menampilkan public speaking yang baik maka berlatilah, karena dengan latihan akan membuat kamu percaya diri tampil didepan audiens. Kamu bisa melakukan latihan sendiri berbicara didepan cermin. Kemudian kamu juga bisa melatih diri kamu tampil dengan teman teman kamu atau kelompok yang lebih kecil untuk meminta feedback dari penampilanmu.

Engage With Your Audience

Saat kamu berbicara didepan libatkan audiens untuk ikut dalamnya. Sehingga audiens tidak hanya mendengarkan saja tetapi dapat berinteraksi dengan speaker juga. Caranya adalah dengan memberikan pertanyaan atau audiens dipersilahkan untuk bertanya.

Pay Attention to Body Language

Saat berbicara didepan orang banyak perasaan nervous sering kali muncul. Audiens akan memperhatikan penampilan kita saat diatas mimbar atau panggung, sehingga saat kita gugup atau kurang yakin dengan statement yang diberikan audiens akan menyadarinya dari gesture yang tidak kita sadari. Untuk mengatasi hal tersebut caranya dengan berdiri dengan baik, ambil nafas yang dalam, melihat orang fokus pada mata, dan tersenyumlah.

Think Positively

berpikir positif dapat membuat perbedaan yang besar untuk dapat berkomunikasi dengan baik karena dengan berpikir positif akan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Jangan sampai pemikiran negatif mengganggu membuat kamu lupa harus berbicara apa di depan. Lakukan Self-talking dalam pikiran kamu bahwa kamu bisa.

Cope With Nerve

Sering kita melihat seorang speaker yang kurang menarik untuk diperhatikan, bisa jadi karena ia kurang percaya diri atau takut untuk tampil didepan orang banyak. Kamu harus menyingkirkan pemikiran tersebut dengan meyakinkan diri, fokus dengan audiens bahwa kamu ingin menyampaikan pesan yang bisa jadi bermanfaat bagi orang lain, karena itu jauh lebih baik dibanding memikirkan rasa takut kamu.

Watch Recording of Your Speeches

Setelah melakukan latihan berbicara dengan teman atau dalam kelompok untuk memintai feedback, kamu juga bisa merekam video kamu saat berbicara didepan orang banyak guna mengevaluasi mana yang masih kurang dan mana yang sudah baik. Seperti apakah gesture kamu sudah baik atau belum, artikulasi jelas atau tidak dan sebagainya. Dengan ini kamu bisa tampil lebih baik lagi untuk berikutnya.

Dapat tampil di depan orang banyak tentunya kamu banyak manfaat yang bakal kamu dapatkan, bisa saja kamu dapat kesempatan promosi pekerjaan atau mendapatkan pekerjaan. Beranikan diri untuk tampil didepan umum karena jauh lebih baik dibanding hanya berdiam diri, kamu bisa ikuti tips tips seperti diatas melatih diri untuk dapat melakukan public speaking yang baik.


Editor : Dian Wahyuni


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 27/09/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10956
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 496614
  • Total Employer : 11773