Articles

Tips Supaya Diperhatikan Saat Presentasi


Saat dihadapkan oleh pekerjaan atau tugas dimana harus melalukan presentasi, masih banyak dari kita yang merasa grogi atau kurang percaya diri untuk tampil didepan orang banyak. Dimana disebabkan beberapa hal misalnya muncul perasaan khawatir dan takut salah atau lupa dalam penyampaian materi. Namun hal tersebut sangat wajar apalagi bagi yang baru pertama kali melakukan presentasi. Dari perilaku perilaku tersebut membuat audiens yang mendengarkan menjadi kurang tertarik dengan presentasi yang kita bawakan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada bebrapa tips yang dapat kamu lakukan supaya tetap diperhatian pendengar saat kita melakukan presentasi.

1. Percaya diri

Untuk dapat tampil didepan orang banyak yang paling penting adalah percaya diri, karena dengan percaya diri akan menampilkan presentasi dengan baik. Dengan penampilan yang menarik dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, oleh karena itu persiapkan penampilan yang terbaik saat akan melakukan presentasi.


2. Menguasai isi materi presentasi

Penguasaan materi presentasi yang akan disampaikan sangatlah penting, dimana kita yang menjelaskan kepada audiens sehingga maksud yang hendak diberikan tersampaikan dengan baik


3. Melatih komunikasi verbal dan non-verbal

Melatih diri bagaimana komunikasi yang baik dan jelas ketika didengar oleh audiens. Dan juga melatih komunikasi non-verbal seperti gesture untuk menekankan maksud yang ingin disampaikan.


4. Memperkaya diri dengan pengetahuan

Memperkaya diri dengan pengetahuan dan menambah wawasan sangatlah untuk menjawab pertanyaan pertanyaan sulit dari audiens.


5. Konten dari materi dibuat menarik

Untuk menarik perhatian audiens isi materi dapat didesain sebagus mungkin bisa dengan disisipkan video ataupun animasi gerak.


6. Menyelipkan humor

Agar jalannya presentasi tidak kaku bisa dengan menyelipkan humor dapat membantu suasana lebih rileks dan santai.


7. Sesi tanya jawab

Dalam presentasi penting adanya sesi tanya jawab untuk memastikan materi yang disampaikan dipahami oleh audiens.


by DIAN WAHYUNI


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 20/09/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10956
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 496614
  • Total Employer : 11773