Articles

Ingin Cepat Kerja? Inilah 7 Persiapan Penting Mendapat Pekerjaan

Persaingan di dunia karir saat ini semakin ketat, tercatat 655.012 yang lulus dari Perguruan tinggi di 2010 dan terus meningkat ( www.psp.kemdiknas.go.id/). Pertanyaannya adalah bagaimana membuat kita menonjol diantara lulusan tersebut agar dilirik perusahaan untuk menjadi karyawannya?  Langkah yang bisa dilakukan selama kuliah adalah dengan mengikuti kegiatan yang menunjukan keaktifan baik di kampus maupun di luar kampus, tidak hanya belajar di kelas saja. Berikut adalah tujuh hal penting yang umumnya dilirik perusahaan pada calon karyawan fresh graduate:

  1. Mengikuti kegiatan organisasi/ komunitas, dan kegiatan sosial
  2. Terlibat di organisasi atau kegiatan sosial dapat mengasah kemampuan bersosialisasi dengan beragam tipe orang yang memiliki berbagai karakter dan jabatan yang berbeda-beda. Maka usahakan anda tidak hanya menjadi anggota, namun aktif sebagai anggota pengurus. Perusahaan menyukai kandidat aktif di organisasi karena mencerminkan adanya kepekaan pada lingkungan, minat sosial yang baik, keinginan untuk mengasah kemampuan, dan rasa ingin tahu untuk menjadi lebih baik. 

  3. Mengeksplorasi pilihan karir
  4. Hanya mencari tahu bidang karir yang diminati belum cukup, lengkapi usaha anda dengan mengeksplorasi dunia karir yang tersedia. Mulailah melihat dari bidang bisnis, profil perusahaan, jenis posisi dan tugas-tugasnya, sehingga anda bisa lebih memahami apakah minat anda sesuai dengan realita yang ada. Hal ini bisa dilakukan dengan memperluas jaringan relasi. Misalnya mulai memberanikan diri berinteraksi dengan professional yang bekerja diposisi tersebut saat mengikuti magang, job expo/ career expo, seminar, dan lain-lain. 

  5. Mengikuti magang
  6. Kegiatan magang terkadang bukan kewajiban di tempat Anda kuliah, namun kegiatan ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan mengenai dunia kerja yang jauh berbeda dengan dunia kuliah, terutama pada tugas dan tanggung jawabnya. Selain itu, anda dapat memiliki relasi baru dengan orang yang lebih berpengalaman dan memperluas jaringan professional.
    Seorang yang memiliki pengalaman menunjukan tingginya motivasi belajar, inisiatif untuk mencoba hal baru, dan manajemen waktu. Carilah pengalaman magang sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan „daya jual‟. 

  7. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi
  8. Sejak dulu IPK menjadi pertimbangan dalam seleksi karyawan hampir di seluruh posisi di perusahaan, dan sepertinya akan terus digunakan. IPK yang bagus tidak hanya mencerminkan pemahaman pengetahuan yang tinggi mengenai bidang pelajaran yang ditempuh, namun juga mencerminkan integritas dan tanggung jawab seseorang pada sesuatu yang sudah dimulai. Hal ini akan berkorelasi dengan bagaimana seseorang menjalankan tugas dan kewajibannya di perusahaan.

  9. Pengalaman belajar di luar negeri dan belajar bahasa
  10. Belajar di negeri orang lain mengharuskan kita untuk banyak melakukan adaptasi. Sehingga seseorang yang memiliki pengalaman tersebut tentunya akan memperluas wawasan, keberanian untuk „keluar dari zona nyaman‟ dan meningkatkan daya juang di lingkungan yang baru. Berjuang dan bertahan merupakan hal yang dibutuhkan untuk adaptasi di dunia kerja. Selain itu memperkaya kemampuan bahasa asing menjadi penting, terutama jika anda bekerja di perusahaan asing. Tak jarang seseorang dengan nilai baik, tidak diterima di perusahaan internasional karena kendala dalam bahasa. BINUS merupakan salah satu universitas yang mendukung seluruh mahasiswanya untuk memiliki pengalaman belajar di area global. 

  11. Kemampuan Umum : Menulis, Presentasi, dan Komputer
  12. Kemampuan menulis dan presentasi “Fresh Graduate” dianggap oleh berbagai perusahaan masih sangat rendah. Hal ini tercermin pada kesan pertama yang terlihat pada penulisan surat lamaran, CV, dan penampilan saat wawancara. 
    Untuk meminimalisir kekurangan tersebut, Anda dapat berlatih melalui tugas kuliah seperti saat penulisan paper, kerja kelompok dan presentasi tugas.
     Selain itu, kemampuan menggunakan computer merupakan standar tuntutan pada semua posisi di perusahaan. Seseorang yang mahir dalam 3 hal tersebut tentunya secara teknis akan lebih cepat beradaptasi pada tugas-tugasnya.

  13. Manfaatkan career center di kampus
  14. Fasilitas career center yang disediakan di kampus dapat membantu anda selama kuliah untuk menentukan arah karir, dan peluang kerja atau magang. Umumnya karyawan di Career Center banyak memiliki informasi mengenai kebutuhan perusahaan dan cukup berpengalaman dalam melatih mahasiswa dalam upaya memperoleh pekerjaan.

Ingatlah jangan sampai 7 hal penting diatas hanya dilakukan pada semester akhir atau bahkan setelah lulus. Maksimalkan aktivitas anda dan raihlah sukses dalam karir, karena anda yang menentukan kesuksesan diri sendiri. Jangan menunggu, lakukan sekarang juga!
Be proactive students and be the most wanted employee!
 
Salam,
Distyana Dahlia, M.Psi., Psikolog

Uploaded By : Fikry Akbar Kirana
Last Update : 19/07/2013

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1489
  • Available Position : 40805
  • Total Jobseekers : 526252
  • Total Employer : 11775