Articles

Pengusaha Atau Karyawan Memiliki Persiapan Yang Sama

Perlu ditekankan bahwa untuk mencapai kesuksesan karir (sebagai pengusaha ataupun karyawan) pengalaman kerja harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan agar kita dapat memahami dunia kerja dan menjalankan tanggung jawab demi diri sendiri serta orang lain (perusahaan).

Contoh pengusaha yang mengawali karir menjadi karyawan dan berhasil menjadi pengusaha adalah Walt Disney. Ia mengawali karir dengan bekerja di biro iklan. Disana Ia menjalin relasi yang luas dan pada akhirnya hal tersebut dijadikannya modal untuk mendirikan biro iklan sendiri sebelum sukses mendirikan DISNEYLAND.

Contoh lainnya Maurits Lalisang yang sukses sebagai karyawan. Beliau mengawali karirnya sebagai salesman. Pengalaman merintis karir sebagai sales membuatnya belajar mengenai strategi pemasaran, karakter setiap orang, dan komunikasi. Pengalamannya menjadi motivasi untuk terus belajar dan berjuang menghadapi tantangan di pekerjaan. Setelah 25 tahun berkarir, Ia menjadi CEO di PT. UNILEVER, tbk.

Apa sih karir itu?. Karir adalah rangkaian sikap dan perilaku yang berkaitan dengan pengalaman dan aktivitas kerja selama rentang waktu kehidupan seseorang, rangkaian aktivitas kerja tersebut terus berkelanjutan. Karir melibatkan berbagai perilaku, kemampuan, sikap, kebutuhan, aspirasi, dan cita-cita. Setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih aktivitas kerja dalam membangun karirnya. Diantaranya ada yang memilih untuk menjadi pengusaha dan ada juga yang ingin menjadi karyawan. Apapun yang kamu pilih tentunya diperlukan persiapan yang matang agar dapat meraih kesuksesan dalam karir.

Persiapan bisa dimulai sejak di bangku sekolah, terutama saat kuliah. Bagi kamu yang senang berorganisasi, aktif menjadi pantia pada berbagai kegiatan kampus/ diluar kampus, terlibat dalam kegiatan seminar ataupun workshop, mengikuti magang, dan menekuni hobi tertentu dapat menjadi bekal untuk mempersiapkan karir. Ingatlah bahwa aktivitas karir terus berkelanjutan, sehingga jangan pernah merasa cukup, kamu masih harus memperkaya dengan pengalaman kerja. Beberapa pengalaman sukses diatas adalah bukti bahwa menjadi karyawan ataupun pengusaha merupakan pilihan yang harus dijalani dengan proses, tidak instant. Oleh karenanya apapun jurusan kuliah yang kamu jalani dan tantangan yang kamu hadapi semasa kuliah, harus dilalui dengan usaha yang maksimal sebagai modal dalam membangun karir. Belajarlah bertanggung jawab dalam menjalani tugas sejak dini. Jangan takut menghadapi masalah dan hal-hal yang tidak menyenangkan karena itu bisa meningkatkan motivasi dan kualitas diri Anda. Selamat berjuang!

Salam,
Distyana Dahlia, M.Psi.,Ps

Uploaded By : Ervan Yulius
Last Update : 15/04/2013

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4420
  • Available Position : 40396
  • Total Jobseekers : 474462
  • Total Employer : 11666