Articles

How to be an Advertising Man?

Oleh: Ira Setyawati

Memiliki daya imajinasi yang baik? sense of design? Bahkan jiwa artistic yang oke atau serba ingin tahu? Tidak menyukai pekerjaan yang monoton setiap harinya? Jika kamu memiliki salah satu diantaranya berarti kamu memiliki ciri-ciri orang kreatif.

Lalu buat kamu yang kreatif, harus kerja dimana sih? Pekerjaan formal sepertinya bukanlah pekerjaan yang ideal bagi orang-orang yang kreatif. Ada beragam pilihan profesi yang dapat mendukung kreatifitas kamu, salah satunya adalah bekerja di bidang advertising. Sebelum memasuki dunia advertising, kamu juga perlu mempersiapkan diri sedini mungkin, antara lain:

You are the product

Dunia advertising sudah tidak asing dengan promosi suatu produk. Anggaplah diri kamu sebagai produk yang harus kamu persiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Bagaimana kamu mempersiapkan kemampuan atau memperbanyak pengalaman? Bagaimana kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif dalam menghasilkan karya? Langkah selanjutnya adalah mencari perusahaan advertising agencies kemudian profesi yang kamu incar. Menjadi seorang art director? Copy writer? Graphic designer? Atau digital guy?

Belajar dari pengalaman para ahli, seperti Paul Rand yang berhasil menciptakan identitas perusahaan seperti IBM, IKEA, Adobe, Jonathan Ive seorang art director yang telah berhasil mendesain produk Apple, Adra Gesza seorang senior copywriter di Lowe and Partners Worldwide atau Eddu Enoary Eigven seorang art director BBDO Indonesia. Consider your self as young creative guy looking for a great place to work not a student.

Make CV like the project

Membuat CV dan portofolio kamu sebagai project. play create curiosity dengan cara membuat profile di media social dan ciptakan sesuatu yang unik. Kamu bisa posting hal-hal yang kreatif ataupun ekstrim. Berpikir sesuatu yang unik, kreatif dan luar biasa. Sedangkan untuk portofolio, kamu pilih 3 karya terbaik dari semua hasil karya kamu untuk diposting di blog atau website. Jangan simpan file-file tersebut dalam ukuran besar. Selain itu, kamu bisa membuat tagline yang simpel dan kreatif pada blog atau website kamu. Dan selanjutnya kamu bisa membuat video CV kreatif dan mengirim pada perusahaan advertising agencies. Seperti pada video berikut ini:

Build the relationship

Langkah pertama adalah mem-follow ECOs twitter dari perusahaan yang kamu incar. Find out what interest your future boss and feed him with something unique. Show your self that youre a great critical thinker. Dan langkah terakhir adalah hangout saat mereka telah tertarik pada kamu. Good luck :)

(Sumber dari Hezal Weisman - Sr. Art Director at Leo Burnett Indonesia)

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 06/11/2014

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4422
  • Available Position : 40396
  • Total Jobseekers : 474462
  • Total Employer : 11666