Articles

Lima Tips Sederhana untuk Sukses di Hari Pertama Kerja

Hari pertama bekerja bisa menjadi hal yang cukup menyeramkan untuk banyak orang. Bertemu dengan orang-orang baru, menyesuaikan diri dengan budaya kerja yang asing adalah berbagai tantangan yang akan dihadapi oleh para pegawai baru. Sudah pasti dalam praktiknya, pegawai baru sangat ingin untuk memberikan impresi yang baik kepada rekan kerjanya, dan hal ini lah yang kemudian menjadikan tekanan tersendiri bagi pegawai di hari pertama kerjanya. Berikut ini, terdapat beberapa 5 tips yang dapat membantu pegawai di hari pertamanya di tempat kerja:

1. Jangan ragu untuk bertanya

Mark Strong (dalam businessinsider.sg) menyatakan bahwa dalam hari pertama seseorang bekerja, salah satu hal yang paling penting dilakukan adalah mendengarkan dan pegawai dapat mengajukan pertanyaan ketika masih ada sesuatu hal yang belum jelas. Pegawai juga dapat menuliskan beberapa pertanyaan praktis ataupun general tentang bagaimana pegawai dapat bekerja dengan baik pada posisi yang dimilikinya.

2. Persiapkan perkenalan diri singkat

Persiapkan perkenalan diri singkat, karena di hari pertama bekerja, pada umumnya kolega di tempat kerja akan menanyakan latar belakang, posisi, ataupun beberapa hal lainnya tentang pegawai baru tersebut.

3. Datang lebih awal

Teri Hockett (dalam businessinsider.sg) menyarankan bahwa setidaknya di hari pertamanya pegawai harus datang 15 menit sebelum jam masuk kerja. Pegawai sebaiknya melakukan trial beberapa kali dari tempat tinggal ke tempat kerja untuk memperkirakan waktu tempuh yang dibutuhkan untuk pergi ke tempat kerja, terutama pada jam lalu lintas padat.

4. Mengenakan pakaian yang sesuai

Berpakaian dengan rapi, bahkan lebih rapi dari peraturan yang ditetapkan diperusahaan adalah hal yang dianjurkan karena dapat memberikan kesan bahwa pegawai baru menghargai perusahaan dan ingin memberikan citra yang positif akan tempat bekerja baru (nerdwallet.com).

5. Kerjakan tugas sebaik-baiknya

Pada hari pertama bekerja, pegawai tidak diharapkan untuk menyelesaikan tugas yang terlalu berat. Adapun hal yang harus menjadi fokus pegawai di hari pertamanya adalah hal kecil dan sederhana yang sangat mungkin untuk diselesaikan di hari pertama. Dalam tugas yang diberikan pun, pegawai diharapkan untuk selalu menanyakan deadline, sehingga pegawai semenjak awal terbiasa untuk menyelesaikan sesuatu secara tepat waktu.

Pada akhirnya, selain kelima hal yang telah dijelaskan sebelumnya, hal terpenting yang harus dilakukan pegawai di hari pertamanya adalah mencoba untuk tenang, senyum, dan lakukan tanggung jawab yang dimiliki sebaik mungkin.

Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog.


Sumber: https://www.businessinsider.sg/what-to-do-your-first-day-of-work-2014-2/?r=US&IR=T diakses pada 22 April 2019


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 27/05/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4076
  • Available Position : 40320
  • Total Jobseekers : 472494
  • Total Employer : 11647