Articles

Bagaimana Career Development pada Siswa dapat Berkembang jadi Kesuksesan Jangka Panjang

Siswa di Sekolah OFarrell Charter (selanjutnya disebut sebagai OCS) selalu didorong untuk berpikir secara luas. Sekolah mempersiapkan para siswa hingga mereka siap untuk masuk ke jenjang Universitas. OCS berkomitmen untuk memberikan dukungan secara akademik dan sosial yang dapat membantu mereka dalam kesuksesan jangka panjang. Satu hal yang Sekolah lakukan untuk mencapai hal ini adalah dengan program Career Development yang komprehensif. Program ini memastikan seluruh siswa untuk mendapatkan gambaran penting tentang bagaimana kehidupan sebenarnya berjalan melalui berbagai kegiatan, seperti berwisata, pemaparan dari pembicara tamu, hingga seminar tentang karir.

Kesempatan seperti ini sangat penting untuk diberikan karena dapat membantu siswa untuk memahami batasan-batasan sosial maupun ekonomi ketika dihadapkan dengan dunia pekerjaan. Hal ini terbukti dapat membantu siswa sehingga dapat fokus terhadap masa depan, memiliki mimpi serta tujuan yang besar. Dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk berhadapan dengan banyak orang dari berbagai profesi dan berbicara dengan orang-orang tersebut, dapat menjadikan hal ini sumber yang menolong mereka dalam perjalanannya mencapai kesuksesan di masa depan.

Pengalaman dalam Dunia Kerja

Field Trips adalah salah satu cara OCS membantu siswa untuk memiliki koneksi dengan pemimpin dari berbagai industri. Di awal tahun sekolah, siswa diberikan pertanyaan yang menentukan karir apa yang paling mereka inginkan untuk pelajari lebih lanjut. Siswa diwajibkan untuk berpartisipasi dalam setidaknya dua acara Career Development atau presentasi selama tahun sekolah. Field Trips memberikan siswa kesempatan untuk melihat ekspektasi yang mereka miliki di dunia kerja. Siswa juga belajar untuk membangun kemampuan networking dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di dunia kerja. Hal ini juga membuat transisi para siswa ke fase dewasa tidak terlalu menakutkan karena siswa dapat merasakan kenyamanan di lingkungan kerja yang diciptakan untuk orang dewasa. Para siswa di OCS juga sempat melaksanakan fieldtrip ke Junior Achievements Finance Park Simulationm yang merupakan paperless, high-tech learning center yang membantu siswa dalam membayangkan masa depan dengan mempelajari bagaimana membuat keputusan finansial yang bijaksana yang dapat berlangsung seumur hidup mereka.

Program lainnya adalah partnership dengan mentor (karyawan) yang memberikan masukan terhadap resume, bimbingan tentang berbagai pilihan finansial setelah kelulusan, dan pelajaran mengenai kemampuan resiliensi. Pengalaman ini membantu siswa sehingga menjadi siap dalam menghadapi masa depan, baik secara akademis, finansial, dan emosional.

Berinteraksi dengan pemimpin Industri di San Diego

OCS juga seringkali mengundang pembicara tamu untuk hadir di kelas Career Development untuk senior untuk membagikan informasi tentang karir yang dipilih, baik itu menjelaskan tentang pendidikan yang dibutuhkan, pengalaman kerja, dan kesempatan untuk berkembang di pekerjaan tersebut.

OCS juga mengadakan networking event dimana siswa dapat bertemu dengan pekerja profesional yang menjelaskan tentang skill networking sederhana, seperti praktik bersalaman, eye contact yang baik, dan mempelajari bagaimana membangun pembicaraan dengan profesional. Terakhir, OCS juga mengadakan dua Career Days selama musim semi, satu untuk siswa SMA dan satu untuk siswa Sekolah Dasar. Kedua Career Days berisikan sekitar 25 pekerjaan berbeda, dimulai dari karir yang berhubungan dengan teknologi, hingga pengacara, hakim, dan pekerjaan di bidang kesehatan. Ketika memungkinkan, OCS juga memperlihatkan keberagaman dalam hal usia, jenis kelamin, hingga ras, sehingga siswa dapat melihat representasi yang luas dalam banyak profesi. Pada akhirnya, berbagai kegiatan yang diberikan diharapkan dapat memberikan siswa kesepatan untuk terhubungan dengan orang dari berbagai profesi sehingga siswa mendapatkan gambaran yang jelas tentang hal apa sajakah yang harus mereka lakukan untuk mencapai profesi, dan menjadi sukses dalam profesi yang diinginkan tersebut.

Ni Made Rai Kistyanti, M. Psi., Psikolog.


Sumber: https://www.voiceofsandiego.org/partner-voices/how-students-career-development-blossoms-into-lifelong-success/ diakses pada tanggal 22 April 2019


Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 27/05/2019

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3715
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11557