Articles

Apa itu Management Trainee?

Belakangan ini, marak sekali beredar lowongan kerja sebagai Management Trainee. Sebenarnya, apa itu Management Trainee? Dan apa pula bedanya dengan posisi Staff, Supervisor, atau Manager yang lebih umum dan sudah kita kenal sejak lama?

Management Trainee (atau biasa disingkat MT), adalah suatu program pengembangan untuk karyawan baru yang mengikuti seleksi melalui jalur khusus Disebut khusus, karena jalur ini memiliki kriteria yang lebih tinggi bahkan bisa dibilang sangat tinggi jika dibanding jalur seleksi penerimaan karyawan baru yang biasa. Beberapa kriteria yang umum untuk posisi MT di antaranya:

  • IPK > 3
  • Terampil berbahasa Inggris, lisan dan tulisan
  • Aktif mengikuti organisasi
  • Ada persyaratan usia yang mutlak (tergantung perusahaan), dan
  • Fresh graduate. Atau jika berpengalaman, biasanya maksimal 1 atau 2 tahun
  • Ketentuannya ini biasanya sudah baku. Jika Anda tidak memenuhi salah satu persyaratan yang sudah ditetapkan, akan mudah tersisih sejak seleksi tahap awal. Dari sekian banyak yang melamar, biasanya hanya akan ada beberapa orang saja yang diterima menjadi peserta program MT.

    Setelah dinyatakan lulus tahap seleksi yang bisa mencakup interview, psikotes, Focused-Group Discussion, Role-play, presentasi, atau lainnya. Anda akan diikutkan dalam program training yang berhubungan dengan perusahaan dan bidang kerjanya. Training umumnya berlangsung antara setengah hingga satu tahun, bisa lebih bisa juga kurang. Isi program training ini seperti kembali mengikuti kuliah. Ada yang sifatnya belajar di dalam kelas dan ada yang berupa kerja praktek atau on-the-job-training. Selama masa training, bukan berarti posisi Anda aman sebagai peserta MT. Anda tetap harus bersaing dengan peserta-peserta lain dan menunjukkan performa yang unggul. Biasanya akan ada review berkala mengenai setiap peserta. Jika dipandang bahwa performanya kurang baik, ada saja kemungkinan Anda tidak bisa lanjut mengikuti program MT ini.

    Salah satu latar belakang penting mengenai awal mula munculnya program MT, adalah banyaknya karyawan yang dengan mudahnya berhenti kerja dan pindah ke perusahaan lain. Melalui program MT, seorang karyawan memang biasanya akan diikat dengan kontrak. Tujuannya untuk memastikan bahwa karyawan tersebut bisa bertahan selama beberapa tahun dan naik jabatan memegang posisi penting. Dengan berhasil masuk program MT, Anda memang akan lebih mudah untuk naik jabatan dan memegang posisi penting di suatu perusahaan.

    Setelah berhasil lulus program training ini, ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Gaji peserta program MT umumnya lebih besar dari gaji Staff biasa
  • Lebih cepat naik jabatan. Karena program ini memang didesain untuk memperkenalkan karyawan baru tentang seluk-beluk perusahaan dan segala bidang kerja/usahanya, maka Anda juga akan lebih mudah untuk naik jabatan. Anda memiliki pemahaman yang cukup tentang perusahaan. Akan lebih cepat Anda memiliki posisi yang menjamin sekuritas Anda di perusahaan
  • Posisi MT sekarang bisa dikatakan sedang menjamur. Hampir di setiap perusahaan, baik skala lokal, nasional, atau multinasional, memiliki program MT. Karena sedang menjamur ini, bisa saja perusahaan tersebut sekedar mengikuti trend dengan mengadakan program MT. Padahal isi programnya cenderung minimal atau hanya beberapa bulan. Dengan ini, jika Anda berencana untuk bekerja di bidang MT, maka pandai-pandai jugalah memilih perusahaan yang menawarkan program MT. Cermati betul program-program apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan.

    Jika saat ini Anda masih kuliah dan tertarik mengikuti program MT, maka sekaranglah waktu Anda untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Anda. Misalnya, meningkatkan IPK, memperlancar bahasa Inggris, aktif di organisasi (baik di kampus ataupun di masyarakat), dan kemampuan-kemampuan lain. Jadi pada saatnya Anda lulus kuliah nanti, Anda telah memiliki kompetensi yang biasanya dicari untuk menjadi seorang peserta MT.

    Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

    Uploaded By : Aziz Rasyidin
    Last Update : 27/10/2014

    Printer Friendly Version

    Email this to a friend

    User Login

     
     
     

    Not Registered yet?

    Our Services

    Binuscareer Profile

    • Active JobSeekers : 4422
    • Available Position : 40396
    • Total Jobseekers : 474462
    • Total Employer : 11666