Articles

Melakukan Negosiasi Gaji

Mungkin kebanyakan dari kita sudah pernah membuat CV. Yang menjadi perhatian utama adalah isi CV kita. Idealnya, kita memasukkan segala pengalaman dan keahlian yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Namun saat status kita masih mahasiswa atau fresh graduate yang berarti belum ada pengalaman kerja fulltime, pengalaman apa yang bisa kita masukkan ke dalam CV? Tidak bisa bohong, perusahaan tentunya membutuhkan dan lebih menyukai kandidat dengan pengalaman kerja yang cukup. Agar ketika bekerja di perusahaan, ia dapat langsung dan lebih cepat dalam mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang ia miliki.

Kalau begitu, artinya seorang fresh graduate tidak bisa mendapat pekerjaan? Tentu saja fresh graduate bisa dapat kerja. Bisa saja seorang fresh graduate memiliki potensi, keterampilan, dan keahlian yang lebih baik daripada mereka yang sudah memiliki 1 atau 2 tahun pengalaman kerja. Jadi, bagaimana kita dapat menunjukkan perbedaan dan kelebihan kita dibanding kompetitor sesama pelamar kerja yang lain? Jawabannya adalah pengalaman dan keahlian yang kita punya. Oke, respons kita selanjutnya adalah, fresh graduate kan belum punya pengalaman kerja..

Satu hal yang perlu diingat, pengalaman kerja itu tidak hanya pengalaman kerja fulltime setelah kita lulus kuliah. Berbagai aktivitas yang diikuti selama kuliah seperti magang/internship, kerja parttime, proyek tugas kuliah, atau kegiatan organisasi juga bisa dijadikan pengalaman kerja. Hal ini berarti, mahasiswa selama kuliahnya aktif mengikuti kegiatan magang/internship, kerja parttime, proyek tugas kuliah, atau kegiatan organisasi, bisa saja pengalamannya lebih kaya dibandingkan senior di atasnya yang sudah memiliki enam bulan pengalaman kerja di perusahaan tapi tidak ada kegiatan selama kuliah.

Hal yang juga penting, pengalaman-pengalaman tadi dicantumkan dengan jelas di CV. Jadi, kita perlu menuliskan periode kerjanya, nama perusahaan, posisi kerja, dan uraian singkat mengenai tugas-tugas yang dikerjakan. Jika kita tidak menuliskan satu pengalaman pun di dalam CV, perusahaan tidak tahu kualifikasi kita sehingga jadinya memperkecil kemungkinan untuk mengikuti proses seleksi kerja.

Ayo segera lengkap CV kamu ya! :)

Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 27/10/2014

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1489
  • Available Position : 40805
  • Total Jobseekers : 526252
  • Total Employer : 11775