Articles

Sudah Lama Lulus Tapi Belum Dapat Kerja

Setelah lulus kuliah, tentu target kita saat ini adalah memperoleh pekerjaan. Namun ternyata untuk berhasil mendapatkan pekerjaan, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Telah mencoba melamar kerja ke banyak perusahaan selama sekitar 2 tahun ini, namun belum ada yang lolos. Kalau demikian, salahnya di mana ya kira-kira? Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi keadaan demikian?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengenal dan eksplorasi diri sendiri. Tahu kelebihan, keahlian, kemampuan, minat, hobi, dan juga kelemahan yang dimiliki diri sendiri. Cara praktisnya, misalnya dengan membuat list atau daftar mengenai kelebihan, keahlian, kemampuan, minat, hobi, dan kelemahan tadi. Dengan menuliskannya, akan mempertajam pemahaman kita tentang diri sendiri, jadi pemahaman/pengetahuan tentang diri sendiri ersebut tidak hanya berada di pikiran kita saja. Dengan membuatnya tertulis seperti ini, maka kamu akan dapat semakin mengenal diri sendiri, sehingga pilihan karir atau bidang kerja yang hendak diambil pun dapat sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang kamu miliki.

Jangan lupa juga untuk terus berusaha. Butuh usaha untuk melamar kerja serta mengikuti proses psikotes dan interview, lebih dari satu kali, untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang diharapkan.

Intinya, terus berusaha dan mencoba. Semoga sukses ya :)

Dian Kartikasari BINUS Career Consultant

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 27/10/2014

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4423
  • Available Position : 40396
  • Total Jobseekers : 474462
  • Total Employer : 11666