Articles

A Perfect Resume for Someone With No Experince


Sebelum melamar pekerjaan kamu harus menyiapkan resume atau CV untuk diberikan kepada perusahaan digunakan untuk mengetahui gambaran mengenai pengalaman maupun kualifikasi lainnya dari seorang kandidat. Nah, bagaimana sih cara membuat resume atau CV yang baik dan enak dipandang terlebih lagi kamu tidak memiliki pengalaman kerja ataupun belum pernah melakukan intership dan lain sebagainya. Berikut ini yang dapat kamu lakukan.

1. Clear and Easy to Read Layout

Buatlah resume dengan jelas dan mudah untuk dibaca oleh HRD, menggunakan font penulisan yang sama untuk keseluruhan dokumen, dan semua penulisan tanggal serta tahun ditulis dengan jelas. Karena HRD akan malas ketika melihat layout ataupun cara penulisan yang terlalu sulit untuk dibaca sehingga resume kita akan langsung diabaikan.

2. Linked to Professional Profile

Pentingnya memiliki akun media sosial profesional seperti Linked walaupun status kita masih seorang mahasiswa atau pelajar.

3. Clear Goal

Menjelaskan tujuan dan posisi apa yang akan hendak dilamar, karena HRD tidak mengetahui tujuan kamu melamar untuk apa ? apakah untuk melamar pekerjaan atau hanya untuk internship.

4. Highlight Selling Points

Fokuskan pada prestasi atau pencapaian yang kamu dapatkan, kegiatan kepemimpinan yang kamu lakukan, serta kursus yang kamu lakukan tetapi yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang hendak dilamar.

5. Includes some References to High School

Mencantumkan penghargaan dan beasiswa yang pernah dapatkan saat di sekolah ataupun aktivitas yang mendukung pilihan posisi pertama yang akan hendak dilamar.

6. List Social Media Skill

Mencantumkan akun media sosial yang kamu punya seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tumblr. Meskipun hanya pengetahuan menggunakan media sosial, tetapi pengetahuan ini adalah asset atau keahlian yang penting unutk dimiliki oleh seorang karyawan.

Nah, jadi kamu tidak perlu bingung atau takut lagi untuk menulis resume atau CV walaupun kamu tidak memiliki pengalaman kerja atau internship. Dengan menuliskan point penting yang kamu miliki serta penulisan yang baik, diharapkan recruiter dapat melirik dan mereview resume atau CV dari kita. Semoga bermanfaat...


Editor Dian Wahyuni


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 13/10/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10956
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 496614
  • Total Employer : 11773