Articles

Magang Tiket Menuju Dunia Kerja

Apa yang akan Anda lakukan setelah lulus nanti? Bila jawaban Anda adalah bekerja atau berkarir di Perusahaan, maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, seperti misalnya Minimun IPK, atau kemampuan teknis tertentu. Misal saja, semua persyaratan sudah Anda miliki, termasuk IPK yang mendekati Cum Laude serta kemampuan yang baik dalam keterampilan tertentu, misalnya dalam bidang IT. Apakah itu sudah cukup? Tentu saja tidak. Contoh tersebut tidak membedakan Anda dengan ribuan bahkan jutaan lulusan lainnya, baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Anda masih harus bersaing dengan lulusan lain yang memiliki kualifikasi yang mungkin jauh lebih baik dari Anda. Apabila demikian kenyataannya, lalu hal apa yang bisa membedakan Anda dengan lulusan lainnya? Pertanyaan tersebut memunculkan pertanyaan lain. Apa saja aktivitas Anda sewaktu kuliah?

Selama kuliah, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan bila Anda bisa mengatur waktu Anda dengan baik. Ada banyak pilihan kegiatan, diantaranya adalah terlibat dalam organisasi atau mengikuti kerja praktek atau yang jamak dikenal dengan Magang. Apabila Anda lebih tertarik untuk terlibat dalam aktivitas di luar kampus, maka pilihan terakhir mungkin cocok dengan Anda. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan kerja praktek atau magang. Berikut diantaranya.

  1. Meningkatkan kemampuan komunikasi. Tentu saja, komunikasi merupakan salah satu persyaratan terpenting yang harus dimiliki seseorang saat memasuki dunia profesional atau dunia kerja, dan saat magang Anda akan banyak berinteraksi secara formal dengan orang-orang di dalam perusahaan dan hal tersebut sangat membantu melatih kemampuan komunikasi Anda.
  2. Menunjukkan bahwa Anda memiliki inisiatif dan peduli terhadap karir Anda dikemudian hari. Saat ini cukup banyak perusahaan-perusahaan terkemuka yang peduli pada lulusan perguruan tinggi serta membuka kesempatan para Mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman bekerja singkat melalui kerja praktek atau yang dikenal dengan internship program.
  3. Membantu Anda mengenal diri Anda lebih baik. Dengan magang, Anda akan tahu kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki, sama halnya dengan Anda akan tahu hal-hal apa saja dalam dunia kerja yang tidak sesuai dengan diri Anda.
  4. Meningkatkan rasa percaya diri serta membentuk sikap kerja positif. Melalui magang, Anda sudah tahu bagaimana rasanya bekerja di perusahaan, hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan dengan baik, bagaimana harus bersikap dengan pantas, dan seterusnya, begitupun sebaliknya. Dimana hal-hal tersebut adalah hal-hal yang umumnya menjadi kekhawatiran para calon tenaga kerja, sementara hal tersebut sudah tidak asing lagi bagi Anda.
  5. Meningkatkan kualifikasi dan pengalaman Anda. Sukses dalam bidang akademis saja tidak cukup ketika Anda memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Dengan magang, Anda memiliki pengalaman berharga yang bisa Anda tuangkan di dalam CV maupun Anda ceritakan pada saat wawancara kerja nantinya.
  6. Memperluas jaringan pertemanan. Dengan membuktikan kinerja dalam bentuk sikap dan perilaku yang baik, Anda akan bertemu dengan banyak orang dalam perusahaan tempat Anda magang yang suatu saat nantinya akan memberikan kemungkinan kesempatan pada Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Kesimpulannya, pengalaman magang membentuk Anda menjadi calon tenaga kerja yang memiliki pengalaman, ilmu, dan network yang merupakan faktor penting dalam menuju dunia kerja sesungguhnya. Selain itu, dengan magang akan membantu meyakinkan diri Anda pada pilihan karir Anda sebelum Anda lulus serta memungkinkan Anda untuk langsung dipekerjakan terutama apabila Anda bisa menunjukkan prestasi yang memuaskan pada saat magang.

Oleh karena itu, cari perusahaan magang Anda mulai dari sekarang. Hubungi Binus Career and Alumni Center di ruang 210 Binus Anggrek atau cek melalui website www.binuscareer.com untuk membantu Anda mencari perusahaan yang membuka kesempatan magang. Cara lain, search melalui website perusahaan yang Anda incar dan daftarkan diri Anda secara langsung. Satu hal terpenting ketika Anda magang adalah Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan yang Anda miliki dengan optimal.

Good luck and success guys!!

Gita K. Saliha, M.Psi.,Psikolog
Career Development Specialist

BINUS CAREER AND ALUMNI CENTER
2012

Uploaded By : Ervan Yulius
Last Update : 01/08/2012

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10956
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 496614
  • Total Employer : 11773