Articles

7 Cara Tampil Bersinar Saat Interview Kerja

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengirim sejumlah curriculum vitae (CV), akhirnya Anda dipanggil untuk interview. Ini tentu merupakan langkah besar untuk semakin dekat dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Maka normal saja bila ada rasa cemas. Namun, dalam interview Anda juga berkesempatan untuk bersinar di depan calon bos Anda. Berikut tips-nya.



Buat narasi tentang diri Anda

Dalam interview, pastikan Anda tidak hanya menjelaskan apa yang telah Anda kerjakan, tetapi juga menyebutkan apa yang bisa Anda lakukan dari pengalaman Anda itu ke pekerjaan baru.


Buat jeda dalam percakapan

Jeda dalam percakapan memberikan Anda waktu untuk berpikir. Komunikasi dengan calon bos Anda akan lebih berwarna dengan adanya jeda di antara pertanyaan dan jawaban. Membuat jeda juga berarti Anda memberikan kontrol terhadap komunikasi tersebut.


Jangan terlalu serius

Interview bukanlah komunikasi searah, melainkan dua arah. Penting saat interview untuk dapat mengekspresikan pikiran, tetapi untuk mengerti dan dimengerti juga merupakan hal yang penting.



Kendalikan pikiran Anda

Kerap kali dalam interview, calon bos akan mengetes kemampuan kepemimpinan dan komunikasi Anda. Namun, biasanya pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes itu cenderung remeh. Maka, jangan terjebak dalam pertanyaan itu, pastikan Anda mampu mengendalikan diri Anda.


Jangan bacakan CV Anda

Mereka tentu telah memiliki CV Anda saat Anda mendaftar ke perusahaan tersebut. Sehingga saat interview Anda tidak perlu membacakan lagi CV Anda. Namun, Anda perlu menjabarkan lebih detail prestasi yang pernah Anda raih di pekerjaan sebelumnya, peengalaman memecahkan masalah dalam pekerjaan sebelumnya.


Akali jawaban untuk pertanyaan kelemahan Anda

Sering kali calon bos akan menanyakan kekurangan Anda. Bagaimana pun Anda tidak bisa tidak menjawab pertanyaan ini. Maka, jawablah kekurangan yang sedang Anda segera perbaiki.



Cari tahu tentang perusahaan

Apa nilai pemimpin perusahaan kepada pegawainya? Ketahuilah! Karakter pemimpin di perusahaan tersebut berbeda-beda, maka jawablah dengan melakukan penelitian sebelumnya. (Uno/Ibo)


Penulis : Unoviana Kartika Setia

Sumber : http://m.liputan6.com/lifestyle/read/2215615/4-hal-yang-harus-dihindari-saat-menulis-cv#

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 19/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2386
  • Available Position : 40688
  • Total Jobseekers : 476320
  • Total Employer : 11714