Articles

5 Trik Untuk Terlihat Percaya Diri


Kepercayaan diri adalah sebuah titik. Untuk benar-benar mencapainya, semua orang perlu melewati perjalanan dengan jarak yang berbeda-beda. Jadi, jika level kepercayaan diri Anda Anda tidak setinggi rekan kerja Anda, tidak apa-apa; kami yakin suatu hari Anda akan sampai ke titik itu juga, kok. Sementara itu, jika Anda perlu sedikit bantuan sebelum presentasi atau menjalani wawancara, fake it till you make it dengan trik untuk tampak lebih percaya diri ini.


1. Kontak Mata

Eye contact is a powerful thing. Menjaga kontak mata adalah salah satu bahasa tubuh paling ampuh yang dapat memanipulasi persepsi lawan bicara terhadap Anda. Bonus: Adanya kontak mata juga memberi kesan bahwa Anda dapat dipercaya.


2. Berdiri Tegak

Ayo, tegakkan tubuh Anda dan jangan membungkuk! Bayangkan sebuah tali tak kasat mata yang menarik tubuh Anda dari atas, punggung tegap dan dada dibusungkan. Oke, mungkin jangan terlalu kaku seperti seorang tentara. Postur tubuh Anda dapat mempengaruhi persepsi mental Anda: dengan berdiri tegak, Anda akan tampak dan merasa lebih percaya diri.


3. Berjalan Dengan Pandangan ke Depan

Ketika Anda berjalan, praktikkan poin di atas, namun sambil bergerak. Menapaklah dengan pasti dan ambil langkah-langkah panjang dengan kepala tegak, mata menghadap ke depan.


4. Power Posing

Dalam beberapa eksperimen, posisi tubuh yang diasosiasikan dengan kepercayaan diri seperti berkacak pinggang atau merentangkan lengan di atas kepala terbukti memiliki efek psikologis positif yang meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Jika Anda tidak ingin berkeliling kantor dengan pose tersebut, lakukan saja diam-diam sebagai ritual persiapan.


5. Tenang, Jangan Banyak Bergerak

Ketika Anda sedang merasa minder, baik sadar maupun tidak sadar, Anda mungkin terbiasa menggerak-gerakkan anggota tubuh Anda seperti menggoyangkan kaki atau mengetuk-ngetukkan jari. Cobalah untuk berhenti . Jika Anda tidak sadar sering menggerakkan tubuh, kebiasaan ini mungkin lebih sulit untuk dihilangkan. Mintalah teman atau anggota keluarga Anda untuk mengingatkan Anda dan perlahan, Anda akan mulai meninggalkan kebiasaan ini.


Semua trik ini hanyalah quick fix semata. Walau begitu, respon positif dan efek yang dirasakan orang sekitar akan memberi Anda dorongan untuk menjadi sedikit lebih pede hari demi hari. Jika Anda terus mempraktikkannya, niscaya lambat laun, Anda akan selangkah lebih dekat untuk menjadi benar-benar percaya diri.


Penulis : Steffi Teowira

Sumber : http://www.qerja.com/journal/view/129-5-trik-untuk-terlihat-percaya-diri-meski-sebenarnya-tidak

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 18/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2363
  • Available Position : 40684
  • Total Jobseekers : 476258
  • Total Employer : 11713