Articles

5 Pertanyaan yang Seringkali Muncul Saat Interview

Liputan6.com, Jakarta - Saat melamar disebuah perusahaan, akan ada beberapa tahap yang perlu dilalui salah satunya adalah tahap interview atau wawancara kerja. Pada tahap inilah, pihak perusahaan akan bertanya lebih dalam mengenai diri Anda hingga pengalaman bekerja. Dalam proses interview, ada lima pertanyaan yang selalu dilontarkan oleh pihak perusahaan. Apa sajakah itu? Berikut ulasan yang dilansir dari Forbes Kamis (8/1/2015):


Pengalaman Bekerja


Apa saja pengalaman kerja Anda? Ya, pertanyaan yang satu ini kerap muncul saat proses interview atau wawancara kerja. Untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman bekerja, maka ceritakanlah segalanya mulai dari pekerjaan Anda yang sangat menyenangkan di perusahaan lama hingga hubungan akrab Anda dengan sesama karyawan. Lalu, bagi Anda yang belum pernah bekerja, Anda dapat menceritakan tentang pengalaman organisasi atau kegiatan yang sempat dilakukan semasa sekolah atau pun kuliah. Hal-hal tersebut dapat menambah nilai plus Anda di mata perusahaan yang akan Anda lamar.


Kelebihan dan Kekurangan Diri


Pertanyaan ini pun sering muncul saat melalui proses wawancara dengan perusahaan. Jawablah dengan jujur apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan diri Anda. Namun, jangan lupa untuk menyertakan bahwa Anda juga dapat berubah dan dapat menghadapi setiap tantangan dan tekanan di perusahaan. Untuk pertanyaan yang satu ini, cobalah untuk menjawabnya secara detil dan meyakinkan. Jawablah jika Anda memang menyukai posisi yang Anda lamar dan yakinkanlah perusahaan jika Anda mampu bekerja dengan sangat baik, sangat mencintai posisi pekerjaan tersebut dan mampu membawa nama baik perusahaan jika Anda diterima dalam posisi tersebut. Dengan begitu, perusahaan akan yakin terhadap diri Anda dan percaya bahwa Anda adalah calon karyawan yang cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut.


Prestasi


Pada pertanyaan ini lah Anda dapat meyakinkan perusahaan bahwa Anda mampu dan dapat membawa perusahaan menjadi lebih baik lagi. Ceritakanlah secara detil prestasi apa saja yang sudah Anda raih selama bekerja. Selain itu, paparkan pula bahwa Anda juga telah membawa keuntungan yang sangat baik untuk perusahaan yang pernah Anda tempati. Jangan lupa untuk menyampaikan bahwa Anda juga ingin membuay prestasi di perusahaan yang Anda lamar.


Rencana Masa Depan


Rencana masa depan menjadi salah satu pertanyaan yang kerap ditanyakan pada proses wawancara. Jelaskanlah segala mimpi dan cita-cita Anda baik untuk diri sendiri seperti rencana pernikahan atau meneruskan pendidikan maupun untuk perusahaan yang akan dilamar seperti memberikan keuntungan atau jabatan yang ingin diraih. Yakinkanlah bahwa Anda akan menggapainya di tahun mendatang.


Penulis : Cindy Melissa Putri

Sumber : http://m.liputan6.com/lifestyle/read/2215615/4-hal-yang-harus-dihindari-saat-menulis-cv#

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 18/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1487
  • Available Position : 40805
  • Total Jobseekers : 526609
  • Total Employer : 11775