Articles

6 Tips Menghilangkan Grogi Menjelang Presentasi


Apakah ini presentasi pertama Anda di tempat kerja? Atau mungkin Anda sudah pernah melakukan puluhan presentasi namun setiap menjelang hari H, Anda selalu gugup setengah mati? Kami akan membantu Anda mengurangi ketakutan untuk bicara di depan umum untuk memberikan presentasi dengan beberapa tips dan trik di artikel ini. 1. Pikirkan yang Terbaik Visualisasikan presentasi yang berjalan dengan lancar. Bayangkan diri Anda masuk ke ruangan dengan percaya diri, lalu dengan tenang Anda menyampaikan semua poin-poin Anda. Bayangkan semua orang memberi respon positif, termasuk atasan Anda.

You did it in your mind! Beberapa penelitian menunjukkan bahwa trik psikologi ini menstimulasi positive thinking yang membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi ketegangan. 2. Pikirkan Yang Terburuk. Ya, Anda tidak salah membacanya, dan tidak, kami tidak plin-plan. Saatnya menyusun strategi. Pikirkan semua skenario terburuk yang mungkin terjadi dan pernah terjadi, lalu kalkulasikan langkah-langkah yang bisa Anda tempuh: apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya terjadi dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya jika hal tersebut benar-benar terjadi?

Cover all angles. Jika Anda terlebih dulu mengantisipasinya, seandainya hal tersebut benar-benar terjadiseandainya!Anda akan siap mental dan punya gambaran untuk solusinya. 3. Temukan Zona Nyaman Anda. Zona nyaman di sini adalah hal-hal kecil yang membantu Anda merasa lebih nyaman dan tenang saat melakukan presentasi. Bagaimana jika Anda takut lupa isi dari poin-poin di slide Anda? Silahkan genggam secarik kertas catatan yang berisi kata kunci. Mungkin Anda tidak benar-benar memerlukannya, tapi sekadar tahu kalau kertas itu ada di tangan Anda akan membantu Anda lebih rileks.


Bagaimana jika Anda keburu panik melihat banyak orang di hadapan Anda? Pilih satu orang di ruangan yang menurut Anda paling bersimpati dengan Anda. Arahkan pandangan Anda dan fokus pada satu area di sekitar kolega tersebut sepanjang presentasi. 4. Latihan, Latihan, Latihan Kami tidak merekomendasikan agar Anda menghafal material, karena presentasi Anda nanti akan terasa kaku. Tentu saja Anda perlu menguasai bahan presentasi Anda, namun tidak kalah penting juga bagaimana Anda menyampaikan dan menjelaskan inti dari poin-poin Anda. Saat latihan, beri usaha ekstra untuk menyempurnakan bagian pembuka. Jika Anda memulai dengan baik, sisanya akan jadi lebih mudah. Coba berlatih di depan teman-teman atau anggota keluarga agar Anda siap untuk berbicara di hadapan banyak orang. 5. Tidak Ada yang Sempurna and Its Okay

Kesalahan adalah sesuatu yang sangat alami. Tidak, ini bukan sekedar kata-kata bijak. Misalkan saja Anda salah menyebut nama atau sebuah digit; audiens Anda cenderung akan menilai seberapa besar kesalahan Anda dari reaksi Anda terhadap kesalahan tersebut. Jika Anda lantas gagap dan panik, audiens Anda akan langsung berasumsi kalau Anda telah melakukan kesalahan serius. Sebaliknya, jika Anda tetap rileks atau malah menertawakan diri sendiri, audiens Anda juga tidak akan terlalu terpaku pada kesalahan Anda. 6. Trick Your Body Anda juga dapat mengurangi perasaan gugup dan panik dengan mengutak-atik tubuh Anda beberapa saat sebelum presentasi: - Tarik nafas yang dalam melalui hidung dan lepaskan dari mulut. Lakukan beberapa kali. Trik deep breathing ini dapat memperlancar asupan oksigen ke otak dan merilekskan tubuh Anda.


Lakukan olahraga ringan sehari sebelum presentasi untuk meningkatkan produksi hormon endorphin yang dapat membantu menghilangkan rasa panik - Senyum. Ketika Anda tersenyum, tubuh juga meningkatkan produksi hormon endorphin. Selain itu, senyum yang santai juga membuat Anda tampak lebih percaya diri. Perlu bantuan tambahan? Berikut tips dan teknik mendasar untuk bicara di depan umum dari Toastmasters. [https://youtu.be/AykYRO5d_lI]Singkatnya, menguasai topik yang Anda bicarakan adalah salah satu langkah terpenting, begitu pula dengan mengenali tipe audiens Anda. Ingat, seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan terlalu terpaku pada audiens Anda. Semua tips dan trik hanya penopang sementara untuk mengatasi ketakutan berbicara di depan umum. Ultimately, pengalaman adalah kunci; semakin banyak Anda melakukan presentasi, Anda akan semakin terbiasa dan mudah untuk santai. Bagaimana Anda mengatasi ketakutan untuk bicara di depan umum? Share us your tips below!


Penulis : Steffi Teowira

Sumber : http://www.qerja.com/journal/view/79-6-tips-menghilangkan-grogi-menjelang-presentasi

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 19/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 959
  • Available Position : 40754
  • Total Jobseekers : 477909
  • Total Employer : 11727